Siap Kerja !… tui..tui..tui… Sirine berbunyi yang menandakan bahwa Program Vokasi Industri telah resmi dibuka.

Pengalaman seru dan menyenangkan membuat hati ini semakin bergairah dalam menentukan masa depan. Bagaimana tidak, hari itu tepatnya tanggal 28 Juli 2017, saya berkesempatan diundang oleh Kementerian Perindustrian dalam rangka peluncuran Program Vokasi Industri di Cikarang, Jawa Barat.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa harapan bertemu dengan pejabat tinggi tidak memandang status. Walau hanya sebagai seorang blogger yang masih belajar, ini menjadi sebuah pengalaman yang berharga bisa berbincang-bincang dengan Menteri Perindustrian yang saat ini dijabat oleh Bapak Ir. Airlangga Hartarto, MBA, MMT.

Melihat betapa terpandangnya beliau membuat saya tertegun dan sedikit berkhayal, “masih mungkin kah aku jadi seorang menteri ya!“. Ah sudah lah, pendidikanmu aja cuma lulusan S3 alias SD, SMP, SMA, malah mimpi pengen jadi menteri ” mana bisa ?“.

Hey kawan… Tidak ada yang tidak mungkin kalo kita tetap berusaha dan fokus untuk meraih mimpi dan cita-cita kita suatu saat pasti akan menjadi kenyataan. Sekarang tidak ada yang tidak mungkin untuk sesuatu yang telah kita pelajari dan perjuangkan. salah satunya yaitu dengan peluncuran Program Vokasi Industri ini, semua yang tidak mungkin akan menjadi sesuatu yang mungkin bisa terjadi.

Selama ini kita terlalu banyak mencontoh kurikulum dari luar negara kita, tanpa memperhatikan mana yang lebih dibutuhkan untuk masa depan bangsa ini. Nah, adanya program vokasi industri ini adalah sebuah gebrakan baru untuk memperbaiki alur pendidikan yang ada di Indonesia, negeri kita tercinta ini.

Saya sungguh terkesima dengan penjabaran dari bapak Sekjen Kementerian Perindustrian  Haris Munandar N yang menjelaskan secara gamblang padat dan jelas tentang maksud dan tujuan dari Program Vokasi Industri ini. Disitulah saya merasa betapa pentingnya program ini terhadap kemajuan pendidikan bangsa ini dengan mempertemuakan pola yang selama ini mungkin menjadi akar permasalahan di negeri ini.

Apa itu Pendidikan Vokasi Industri ?

Presiden RI bersama 4 Menteri meresmikan Pendidikan Vokasi Industri di PT. Astra Otopart, Cikarang, Jawa Barat.

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata “Vokasi“. Baru-baru ini tengah gencar program pemerintahan yang disanding oleh Kementerian Perindustrian tentang Program Vokasi Industri. Nah, seperti apa sih Program Vokasi Industri yang digadang-gadang melibatkan siswa SMK itu.

Jadi Program Vokasi Industri itu adalah Sebuah program yang menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi khususnya dibidang perindustrian.

Program ini bertujuan untuk membinaan dan mengembangkan peserta didik SMK yang link and match dengan industri. Sehingga semua yang menjadi kurikulum pendidikan umum layaknya disekolah umum menengah atas dapat disinkronkan dengan pengetahuan di Industri setempat.

Link and Match SMK dengan Industri

Dengan adanya Program Vokasi Industri, siswa SMK akan mendapat kurikulum pendidikan yang telah di link and match dengan Industri setempat. Tidak hanya itu berbagai fasilitas terkait dengan peralatan praktek akan disediakan oleh beberapa Industri yang telah bekerja sama  dengan Sekolah Menengah Kejuran di sekitaran Industri tersebut.

Nantinya segala bentuk keahlian atau keterampilan dari Industri tersebut akan diajarkan dalam program pendidikan vokasi industri, jadi siswa akan lebih memahami betul ketika mereka sudah melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau pun disalurkan langsung ke perusahaan yang bergerak dalam vokasi industri tersebut.

Dengan begitu akan lebih mudah, trampil dan siap kerja sebelum terjun ke dunia kerja. Harapanya dari industri juga mampu menyerap siswa-siswa yang berkompeten dalam bidangnya sesuai Industri yang dibutuhkan.

Bapak Menteri Airlangga berkeliling melihat Pameran karya Siswa SMK yang telah bekerja sama dalam Program Vokasi Industri.

Sebenarnya masih banyak yang harus di ceritakan tentang pengalaman saya sewaktu menghadiri acara peluncuran Pendidikan Vokasi Industri di PT. Astra Otopart, Cikarang , Jawa Barat. Namun karena keterbatasan waktu, apa daya saya akan merangkumkannya dilain waktu. Ohya tetap di sini ya karena nanti akan saya share bincang-bncang dengan Sekjend Kemenperin bapak Haris Munandar, yang pastinya akan membuka hati anda untuk turut memberikan kontribusi bagi Indonesia yang lebih baik lagi.

Let's Share to Your Friend !

Pin It on Pinterest